Saturday 31 October 2015

Silabus Kimia SMAN 1 Cibeber 2015-2016

1.      Pengertian Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian (BSNP, 2006: 14)
2.      Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yangmenggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dandijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaranpaling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1(satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuanatau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnyamemuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumberbelajar, dan penilaian hasil belajar.
  KOMPONEN RPP
1.      Kolom Identitas Mata Pelajaran
2.      Standar Kompetensi3.
3.       Kompetensi Dasar4.
4.      Indikator Pencapaian Kompetensi5.
5.      Tujuan Pembelajaran6.
6.      Materi Ajar (Materi Pokok)
7.      Materi/Kompetensi Prasyarat
8.      Alokasi Waktu
9.      Metode Pembelajaran
10.  Kegiatan Pembelajaran
11.  Penilaian
12.  Sumber Belajar
1.      Menuliskan Identitas Mata Pelajaran, yang meliputi:
·         Satuan Pendidikan
·         Kelas/Semester
·         Mata Pelajaran/Tema Pelajaran
·         Jumlah Pertemuan.
2.      Menuliskan Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimalpeserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap,dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelasdan/atau semester pada suatu mata pelajaran.Pada bagian ini dituliskan standar kompetensi mata pelajaran,cukup dengan cara mengutip pada standar isi atau silabuspembelajaran yang telah dibuat guru.
3.      Menuliskan Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasaipeserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukanpenyusunan indikator kompetensi dalam suatu mata pelajaran.
Pada bagian ini dituliskan kompetensi dasar yang harus dimilikipeserta didik setelah proses pembelajaran berakhir, cukup dengancara mengutip pada standar isi atau silabus pembelajaran yangtelah dibuat guru.
4.      Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ataudiobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasartertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan denganmenggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dandiukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.Contoh kata kerja operasional antara lain mengidentifikasi,menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali,mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh guru denganmemperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap pesertadidik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi duaatau lebih indikator pencapaian hasil belajar dan disesuaikandengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut.Indikator dikembangkan oleh guru sekolah sesuai dengan kondisidaerah dan sekolah masing-masing. Dalam membuat indikator ini,guru juga perlu melihat KD yang sama di kelas sebelum dansesudahnya agar lebih tepat dalam menentukan indikator sesuaidengan kelas di mana KD tersebut diajarkan.
5.      Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yangdiharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensidasar.Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan SK, KD, dan Indikator yangtelah ditentukan. Tujuan ini difokuskan tergantung pada indikator yang dirumuskan dari SK dan KD pada Standar Isi mata pelajaranmatematika yang akan dipelajari siswa.
6.      Materi Ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yangrelevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusanindikator pencapaian kompetensi.
7.      Menuliskan Materi Prasyarat 
Materi Prasyarat ini merupakan materi atau kompetensi yang harussudah dimiliki atau dikuasai siswa yang berkaitan dengan materiatau kompetensi yang akan dipelajari. Dalam pembelajaranmatematika, materi prasyarat ini sangat perlu, karena dalampembelajaran matematika antara materi satu dengan yang lainsaling berkaitan satu sama lain. Pada proses pembelajaran,kompetensi ini dapat diukur melalui kegiatan pendahuluan.
8.       Alokasi Waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
9.      Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkansuasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telahditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengansituasi dan kondisi peserta didik serta karakteristik dari setiapindikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap matapelajaran. Pada bagian ini dituliskan semua metode yang akandigunakan selama proses pembelajaran berlangsung.
10.  Merumuskan kegiatan pembelajarana.
A.    Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasidan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasiaktif dalam proses pembelajaran. Pada pendahuluan ini secaragaris besar dapat memuat hal-hal sebagai berikut
1)      Deskripsi singkat;
Deskripsi singkat adalah penjelasan singkat (secara global)tentang isi pelajaran yang berhubungan dengan kompetensiyang diharapkan. Hal ini dimaksudkan agar pada permulaankegiatan belajarnya, siswa telah mendapat jawaban secaraglobal tentang isi pelajaran yang akan dipelajari.
2)      Relevansi;
Relevansi adalah kaitan isi pelajaran yang sedang dipelajaridengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa atau denganpekerjaan yang dilakukannya sehari-hari. Dalam hal ini dapat juga dengan mengingatkan kembali materi prasyarat (apersepsi).
 Tujuan/kompetensi;
Tujuan adalah kemampuan atau kompetensi yang akan dicapaisiswa pada akhir proses belajarnya.
3)      Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara belajar.
B.     Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif,menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagiprakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.Kegiatan inti ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melaluiproses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.Pada kegiatan inti ini siswa mendapat fasilitas atau bantuanuntuk mengembangkan potensinya secara optimal. Pada kegiataninti secara garis besar berlangsung hal-hal berikut.
·         Memulai pembelajaran dengan mengajukan masalah (soal)yang nyata (riil) bagi siswa sesuai dengan pengalaman dantingkat pengetahuannya, sehingga siswa segera terlibat dalampelajaran secara bermakna;
·         Permasalahan yang diberikan tentu harus diarahkan sesuaidengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran;
·         Siswa mengembangkan model-model simbolik secara informalterhadap persoalan/masalah yang diajukan;4)
·         Pembelajaran berlangsung secara interaktif, dimana siswamenjelaskan dan memberikan alasan terhadap jawaban yangdiberikannya, memahami jawaban temannya (siswa lain),menyatakan setuju atau ketidaksetujuannya, dan mencarialternatif yang lain
C.     Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiriaktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik,dan tindak lanjut, yaitu seperti berikut.
·         Penarikan kesimpulan dari apa-apa yang telah dipelajaridalam pembelajaran sesuai tujuan yang akan dicapai;
·         Melakukan refleksi terhadap setiap langkah yang ditempuhatau terhadap hasil pembelajaran;
·         Pemberian tugas atau latihan
11.  Penilaian Hasil Belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajardisesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacukepada standar penilaian.
12.  Menentukan Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dankompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, danindikator pencapaian kompetensi. Pada bagian ini dituliskan semuamedia/alat/bahan/sumber belajar yang digunakan selama prosespembelajaran berlangsung




Untuk download silahkan klik link di bawah ini :

 https://www.scribd.com/doc/287956608/silabus-kimia-2015

Silabus Kimia SMAN 1 Cibeber 2015-2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kimia73

0 komentar:

Post a Comment